HMI ISIP UMM Gelar Sekolah Gender

lapmimalang.com – Pengurus HMI Komisariat ISIP UMM melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan (PP) baru saja mengadakan Sekolah Gender, Jum’at (16/03) di Dialectic Cafe, jln. Dinoyo, Lowokwaru, Malang.

Mengusung tema “Filsafat Ilmu, Berpikir Kritis dan Pengantar Ideologi” ini merupakan pertemuan perdana forum tersebut dengan menghadirkan Ahmad zuhairi dari Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat, Kepanjen.

Siti Nur Keiya, Ketua Bidang PP HMI ISIP UMM mengatakan, materi yang sudah dirangkum selama empat kali pertemuan (disusun 2 minggu sekali) ini berdasar pada masih banyaknya isu-isu kekerasan/ketidakadilan gender.

“Masih kurangnya gerakan-gerakan yang berbasis gender di Indonesia dalam mengatasi ketidakadilan gender selama ini” Kata Inur, sapaan akrabnya

Acara pembukaan oleh Ketua Umum HMI ISIP UMM

Ketua Umum Kohati ISIP UMM ini juga mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan sensitifitas gender baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Isu-isu gender selama ini, baik dari tingkat lokal, nasional maupun global yang dibangun berdasar lokal wisdom. Sehingga dari kesadaran tersebut, menumbuhkan nalar kritis peserta untuk turut berperan aktif dalam isu-isu kekerasan maupun ketidakadilan gender” pungkasnya

Oleh karena itu, Lanjut Inur, “Setidaknya dalam ruang lingkup terkecil yakni lingkungan keluarga yang menjadi prioritas”

Senada dengan Inur, Abul Nizam Al-ZanZami, Ketua Umum HMI ISIP UMM juga mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rekayasa perkaderan yang ada di Komisariat ISIP UMM.

“Isu-isu terkait persoalan gender akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak kalangan, bahkan dalam gerakannya. Oleh karena itu, sekolah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh kader HMI Cabang Malang terkhusus HMI ISIP UMM agar bisa memfilter setiap gerakan-gerakan gender yang datang dari luar negeri” Terang Nizam

“Harapannya kader mampu memposisikan isu-isu gender sesuai dengan nilai-nilai keindonesiaan juga keislaman sebagai komitmen utama dari organisasi” Lanjut Nizam.

Sekolah Gender ini diadakan dalam 4 kali pertemuan, 1) Filsafat Ilmu, Berpikir Kritis dan Pengantar Ideologi oleh Ahmad Zuhairi (Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat, Kepanjen) pada 16 Maret 2018. 2) Akar-akar Kekerasan terhadap Gender, oleh Fatimah Suganda (Founder Mimbar Perempuan) pada 30 Maret 2018.

3) Akar-akar Kekerasan, HAM dan Ruang Publik, Oleh Muktiono SH, MPhil (Pusat Pengembangan HAM dan Demokrasi), 13 april 2018 dan 4) Menulis untuk Aktivisme, oleh Herly Yanto (Penulis dan Wartawan) 27 april 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close